Kamis, 15 Oktober 2020

Kajian Buku Multimedia Pembelajaran Interaktif BAB 3

  Tidak ada komentar

 


 

Judul Buku : Multimedia Pembelajaran Interaktif

Penulis         : Herman Dwi Surjono

Penerbit         : UNY Press

Tahun Terbit : 2017 (Edisi Pertama)

Kota Terbit : Yogyakarta

Tebal Buku : 103 halaman


Dalam Bab 3 ini menjelaskan pengertian MPI dengan baik, lengkap dan mudah dimengerti. Pada bagian level interaktivitas menjelaskan seberapa aktif pengguna dalam berinteraksi dengan program. Tingkatan interaktivitas ini yaitu : navigasi video/audio, navigasi halaman, kontrol menu/link, kontrol animasi, hypermap, respon-feedback, drag and drop, kontrol simulasi, kontrol game. Tingkatan ini sangatlah berguna unutk mengetahui komponen apa saja di Multimedia Pembelajaran Interaktif yang dapat dipahami. Penjelasan tingkatan interaktivitas dalam bab ini dijelaskan dengan baik dan terdapat sebuah foto pendukung yang dapat menjadikan gambaran dari point yang dibahas.


Dalam bab ini membahas mengenai macam strategi penyajian MPI yaitu seperti metode drill and practice, metode tutorial, metode simulasi, dan metode games. Selain itu, juga menjelaskan bagaimana cara untuk meningkatkan dan mempertahankan motivasi saat belajar. Hal ini sangat bermanfaat agar si pengguna selalu semangat dan termotivasi untuk terus belajar walaupun tidak tatap muka terhadap guru tetapi tetap bisa termotivasi. Selanjutnya dalam bagian komponen MPI menjelaskan apa saja komponen yang membentuk MPI seperti pendahuluan, isi, dan penutup. Setiap komponen ini dijelaskan dengan baik mulai dari penjelasan singkat, hal-hal yang perlu diperhatikan baik keperluan MPI atau hal yang harus dihindari.


Secara keseluruhan materi ini dijelaskan dengan sangat baik bagi pembaca untuk mengenal MPI. Materi pada bab 3 ini disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami, penjelasan yang singkat namun jelas, dan materi yang runtut. Menurut saya, perlu ditingkatkanya ilustrasi/gambar pada penjelasan komponen MPI sehingga pembaca tidak merasa bosan dan materi yang disampaikan akan semakin lebih mudah untuk dipahami. Selain itu, perlu adanya quiz/soal singkat untuk menguji pengetahuan pembaca setelah membaca buku ini

Tidak ada komentar :

Posting Komentar